Pengenalan Jaringan Komputer(Networking)

Mungkin anda sedang mengambil mata kuliah jaringan komputer atau ingin memperdalam ilmu dalam dunia networking… mungkin tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Pengertian Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat membagi data, informasi, program aplikasi dan perangkat keras seperti printer, scanner, CD-Drive maupun hardisk, serta memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik.

Dengan menggunakan jaringan komputer,  komputer-komputer akan menjadi satu kesatuan sehingga bisa saling mengakses dan membagi resources dan juga dapat disambungkan ke internet.

tujuan dari jaringan komputer antara lain:

  1. Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, memory dan harddisk.
  2. Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting,teleconference.
  3. Akses informasi: contohnya web browsing.

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut client dan yang memberikan layanan disebut server.

Jaringan komputer  dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa cara, antara lain sebagai berikut:

  • Berdasarkan Skalanya.
  1. LAN (Local Area Network).Biasa digunakan pada skala kecil sekelas rumah, kantor atau gedung.
  2. MAN (Metropolitant Area Network). Jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih LAN yang mencakup area yang lebih luas / perkotaan dan menggunakan interkoneksi yang lebih baik.
  3. WAN (Wide Area Network). Area yang ditangani sangat luas mencakup satu negera dengan negara  lain.
  • Berdasarkan Fungsinya
  1. Client-Server. Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan dan client adalah komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Di jaringan tipe client-server disebut dengan dedicated server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.
  2. Peer to Peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Semua komputer yang terhubung berkedudukan sama.
  • Berdasarkan Topologi

Arsitektur Fisik jaringan biasa disebut sebagai topologi, yang merupakan suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Topologi yang saat ini banyak digunakan adalah bus, ring dan  star. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri – ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya  masing-masing.

  1. Topologi Bus. Setiap workstation dan server terhubung pada satu kabel yang biasa di sebut bus. Kabel yang biasa digunakan adalah kabel koaksial dan menggunakan konektor T. Kerusakan jalur utama menggunakan topologi ini akan merusak semua jaringan.
  2. Topologi Ring. Metode token ring atau sering disebut ring saja adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan ke setiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.
  3. Topologi Star. Pada topologi star, terdapat sebuah terminal pusat (hub / switch) yang mengatur dan dan mengendalikan semua kegiatan komunikasi data. Keuntungan topologi ini akses ke station lain (client atau server) dapat berlangsung dengan cepat. Kekurangannya bila traffic data cukup tinggi maka komunikasi akan ditunda.

Semua jaringan tersusun oleh perangkat keras yang berfungsi sebagai komponen penghubung yang menghubungkan simpul-simpul jaringan. Seperti NIC (Network Interface Cards), kabel, Switch, hub dan router.

  1. NIC (Network Interface Card).Merupakan suatu card yang terdapat di komputer yang berguna untuk menghubungkan dengan komputer lain. Pada komputer biasanya ada slot (tempat menancap card) yang disebut expansion slot. Slot ini saat membeli komputer baru banyak yang kosong. Yang biasa terpasang adalah untuk menancapkan VGA Card untuk menghubungkan antara CPU dan monitor. Dan salah satu dari slot itu bisa dipakai untuk menancapkan NIC Card supaya komputer bisa terhubung dengan jaringan. Sekarang NIC  sudah termasuk dalam fasilitas Motherboard (onboard), sehingga tidak perlu lagi susah-susah memasangnya. Di NIC inilah terdapat MAC (Media Access Control) yang unik.
  2. Kabel.
  • UTP (Unshielded Twisted Pair). Kabel paling murah berbentuk mirip kabel telepon, terdiri dari pasang kabel. Jenis kabel yang digunakan pada jaringan aplikasi ini menggunakan konektor RJ-45 di setiap ujung kabel. Terdapat 2 cara konfigurasi kabel ini yaitu Cross dan straight. Kabel Cross digunakan apabila 2 buah komputer ingin berhubungan langsung tanpa melalui switch alias komputer ke komputer. Adapun kabel  Straight, digunakan untuk koneksi 2 buah komputer atau lebih dengan memakai sambungan hub/switch.
  • Coaxial. Mirip dengan kabel televisi, dulu banyak digunakan, tapi sekarang jarang sekali digunakan. karena kecepatannya yang rendah.
  • Fiber Optik. Menggunakan cahaya sebagai media tranfer sehingga sangat cepat dan tangguh. Tapi hal itu harus dibayar dengan harga yang tidak murah. Kabel ini sangat sensitif dan tidak dapat ditekuk yang terdiri dari beberapa core yang dibalut hingga 4-5 lapisan sebagai pelindung.
  • Hub, Switch dan Router. Hub dan switch adalah perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik dalam hal ini komputer yang sudah memasang NIC Card bergabung menjadi satu jaringan dengan memakai kabel yang ada. Sedangkan router adalah peralatan yang menghubungkan jaringan satu ke jaringan lainnya. Router dapat berupa peralatan khusus (dedicated), maupun PC biasa yang difungsikan sebagai router
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: