Wisata Aceh

Propinsi Aceh memiliki tempat wisata bisa dikunjungi atau untuk menghabiskan masa liburan anda. Antara lain : Mesjid Raya Baiturrahman, Gunongan, Pantai lampu’uk, Pantai Ujong Batee, Museum Aceh, Museum Tsunami, Kapal PLTD Apung yang terbawa 5 km dari laut, Pulau Sabang taman wisata alam laut, Danau Laut Tawar di Aceh Tenggah.

Pantai Lampuuk. Pantai yang menghadap ke samudra Hindia ini berjarak 13 km dari pusat kota Banda Aceh. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air yang jernih. Namun pada tahun 2004 pantai ini sempat musnah disapu oleh tsunami. Saat ini pengunjung sudah dapat kembali menikmati pesona pantai ini.

Dara Aceh menari di Lampuuk

Pantai LhokNga. Pantai ini letaknya dekat dengan Pantai Lampuuk,. Lhoknga juga dikenal dengan pasirnya yang putih. Panorama pantai dikombinasikan dengan pemandangan indah pegunungan Karst (kapur) dapat menambah kenyamanan bagi mereka yang berada di kawasan ini.Dipantai ini pengunjung dapat melakukan kegiatan seperti berenang, berjemur,memancing, snorkeling dan berselancar. Ombak dipantai ini tidak terlalu tinggi rata-rata berkisar satu meter di tepian pantai. Jika ingin lebih ke tengah ombak bisa mencapai dua hingga tiga meter.

Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh. Taman wisata alam ini cukup terkenal di kalangan turis asing karena keindahan alam bawah laut yang sangat memesona. Terumbu karang dan ikan-ikan yang hidup di dalamnya adalah jenis ikan tropis dengan corak yang unik. Itulah yang menjadi alasan setiap tahunnya turis asing berkunjung untuk melakukan snorkeling dan diving di area laut sekitar pulau ini.

Di TWA Laut Pulau Weh, Sabang terdapat terumbu karang, baik karang yang keras maupun karang yang lunak dengan berbagai jenis, bentuk dan warna, yang kesemuanya membentuk gugusan karang yang menarik untuk dinikmati, antara lain karang dengan nama daerahnya karang lupas, karang rusa, karang kerupuk.

Selain terumbu karang, TWA Laut Pulau Weh, Sabang dapat ditemui jenis-jenis ikan karang seperti Angel fish, Tropet fish, Dunsel fish, Sergeon fish, Grope fish, Parrot fish dan lain-lain. Ikan-ikan ini berada di sekitar TWA Laut Pulau Weh dan sebagian merupakan endemik di daerah ini. Selain itu juga banyak ditemukan jenis-jenis ikan ekonomis seperti Tuna, Kakap, Kerapu, Bayan, Pisang-pisangan dan lain-lain.

Taman wisata alam laut sabang

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan di TWA Laut Pulau Weh adalah kegiatan wisata tirta seperti berselancar, naik sampan, berenang, memancing, serta menyelam untuk menikmati alam bawah air dengan keanekaragaman terumbu karang serta ikan-ikan karangnya yang indah.

Iboh

Mesjid Raya Baiturrahman.

Mesjid Raya Baiturahman yang terletak di pusat kota Banda Aceh yakni di samping Pasar Aceh merupakan mesjid kebanggan masyarakat Aceh.

Mesjid Raya Baiturrahman

  1. makasih udah menambah wawasan

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: