Problem dengan Remote Server

Kali ini saya kembali berbagi pengalaman. Untuk memudahkan, saya biasanya untuk konfigurasi dan monitoring jaringan di tempat kerja saya, saya biasanya meremote komputer server dari jaringan yang sama(lokal) atau jaringan jarak jauh dan tidak bermasalah. Saya menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu 10.10 untuk laptop saya dan linux slackware sebagai server(router). Namun hari ini ketika saya hendak meremote ada sedikit masalah. yaitu server tidak bisa diremote seperti biasanya dan keluar pesan warning sebagai berikut: root@munux1717:/home/munawir# ssh root@192.168.1.1 @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@ @ WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED! @ @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@ IT IS POSSIBLE THAT SOMEONE IS DOING SOMETHING NASTY! Someone could be eavesdropping on you right now (man-in-the-middle attack)! It is also possible that the RSA host key has just been changed. The fingerprint for the RSA key sent by the remote host is 0a:e1:35:1d:a7:34:e4:2b:98:85:e2:66:54:b3:5e:98. Please contact your system administrator. Add correct host key in /root/.ssh/known_hosts to get rid of this message. Offending key in /root/.ssh/known_hosts:3 RSA host key for 192.168.1.1 has changed and you have requested strict checking. Host key verification failed.

Setelah membaca pesan warning saya langsung mencoba masuk ke file /root/.ssh/known_hosts dengan perintah pico ~/.ssh/known_hosts root@munux1717:/home/munawir# pico ~/.ssh/known_hosts

kemudian saya mencoba hapus baris yang disitu(saya kosongkan saja). Dan setelah itu exit dengan menekan ctrl + x. Lalu saya mencoba remote kembali ke server yang saya tuju dengan perintah.

root@munux1717:/home/munawir# ssh root@192.168.1.1
The authenticity of host ‘192.168.1.1 (192.168.1.1)’ can’t be established.
RSA key fingerprint is 0a:e1:35:1d:a7:34:e4:2b:98:85:e2:66:54:b3:5e:98.
Are you sure you want to continue connecting (yes/no)? yes
Warning: Permanently added ‘192.168.1.1’ (RSA) to the list of known hosts.
root@192.168.1.1’s password:

Last login: Mon Apr 11 02:34:44 2011 from 192.168.1.142
Linux 2.6.33.4-smp

“Last night, I came home and realized that everything in my apartment
had been stolen and replaced with an exact duplicate.Ā  I told this to
my friend — he said, `Do I know you?'”
— Steven Wright

root@myserver:~#

Ternyata cara berhasil…! sekarang saya bisa mengambil alih komputer server kembali.

Demikian sedikit catatan kecil saya pada hari ini… mungkin aja bermanfaat.šŸ™‚

    • Zulfian Agustya Winanda
    • April 12th, 2011

    Munawir………………………….

    Blognya mantap, moga makin banyak konten yang update and punya nilai positif..

    Untuk lebih familiar, coba belajar sedikit tentang internet marketing tuh..

    Chayo!!!!!!!!!!!!

  1. Ok..! Insya Allah akan terus saya update… Soalnya byk juga yang blom sempat saya tulis…šŸ™‚

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

