Internet Sehat untuk Kemajuan Aceh

Hari gini siapa yang tidak kenal internet ??? Internet, salah satu media untuk mendapatkan informasi yang sanggat popular pada saat ini.  Internet merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani jutaan bahkan miliaran pengguna di seluruh dunia. Dalam era globalisasi saat ini, internet sudah menjadi bagian hidup. Orang yang sudah kecanduan internet merasa akan merasa kurang lengkap hidupnya jika tidak tersambung ke internet dalam satu hari bahkan satu jam sekalipun. #termasuk saya sendiri#. Di dunia pengguna internet semakin meningkat dari waktu ke waktu. Di Indonesia sendiri, khususnya di Aceh pengguna internet juga meningkat tajam terhitung setelah tsunami menimpa Aceh 26 Desember 2004. Yang awal mulainya internet di Aceh digunakan oleh militer,LSM dan NGO asing yang berdatangan ke Aceh setelah tsunami menimpa   Seiring berjalannya waktu banyaknya berjamurnya warung kopi di Aceh yang di fasilitasi dengan koneksi internet gratis dalam bentuk wi-fi hal ini juga berpengaruh meningkatnya penjualan notebook dan netbook di Aceh.Saat ini bisa kita lihat pada umumnya warkop di Aceh sudah dilengkapi dengan fasilitas wi-fi. Banyak orang-orang  yang terdiri dari kalangan tua maupun kalangan muda  menghabiskan waktunya dengan internet di warkop baik untuk bisnis, facebookan, ngetweet,  maen game, searching bahan untuk buat tugas ataupun hanya sekedar browsing untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru.

Internet bisa berdampak positif dan juga bisa bertampak negative tergantung kita menggunakannya ke arah mana.  Di Aceh sendiri, khususnya internet banyak digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat khususnya anak-anak dan para remaja, pelajar dan mahasiswa, biasanya mereka menghabiskan waktunya hanya untuk sekedar maen game, facebookan ini bisa kita lihat di warung kopi di Aceh dan warnet-warnet di penuhi oleh anak-anak dan remaja yang pada umumnya menghabiskan waktu untuk  maen game. Hal ini berbanding terbalik, ketika saya berkunjung ke pulai jawa. Saya melihat disana anak-anak, remaja, mahasiswa lebih cendrung untuk emnghabiskan waktunya untuk membuat tugas sekolah dan tugas kuliah.

Kita berharap generasi Aceh benar-benar memanfaatkan internet dalam hal yang positif.  untuk kemajuan Aceh nantinya…Karena jika Internet digunakan untuk hal negatif misalnya untuk pornografi, perjudian, penipuan online makan itu akan berakibat buruk bagi pekembangan Aceh di masa depan.

  1. Mantep b’ artikelnya…!!! ijin sedot yaaa buat baca2…!!!
    hehehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: